Tutorial Cara Menginstal Windows 10 Mengunakan Flashdisk

Tutorial Cara Menginstal Windows 10 Mengunakan Flashdisk

Cara menginstal Windows 10 dengan flashdisk

Penggunaan komputer dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh sebagian kalangan, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga perkantoran. Selain komputer dengan spesifikasi yang baik, sistem operasi juga hal yang sangat penting. Salah satu OS yang sering digunakan oleh pengguna pc adalah Windows.
Saat ini, Windows 10 merupakan OS terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Mengapa kita harus mengupdate windows yang kita punya? Support untuk windows 7 hanya sampai tahun 2020, dan windows 8 sampai 2023. Maka dari itu, kita harus mengupgrade windows di pc kita agar terus disupport oleh Microsoft.
Apakah kita harus membawa pc/laptop kita ke tempat service untuk menginstal windows 10? Tentu saja tidak. Kita bisa menghemat hingga ratusan ribu rupiah jika kita bisa menginstall sendiri windows 10 pc/laptopmu. Caranya pun cukup gampang dan tidak jauh berbeda dari proses menginstal wndows 7 dan windows 8.1. Perbedaannya hanya terletak pada proses konfigurasi dan pengaturannya.
Media yang dapat digunakan untuk menginstal windows 10 adalah CD/DVD atau Flashdisk. Flashdisk memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi dibandingkan CD/DVD sehingga proses penginstalan menggunakan flashdisk lebih cepat dibandingkan dengan CD/DVD.
Lalu, apa saja langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menginstal Windows 10? Apa saja yang harus disiapkan? Dalam artikel ini akan di kupas tuntas bagaimana cara menginstal Windows 10 menggunakan flashdisk dengan mudah.

cara Instal windows 10

Persyaratan yang harus dipenuhi jika menginstal Windows 10

Jika kita ingin menginstal Windows 10, maka ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan, termasuk:

  • Memiliki prosesor dengan kecepatan 1 GHz atau lebih
  • Dilengkapi dengan 1GB RAM
  • memiliki minimal 16GB ruang disk
  • Dilengkapi dengan minimal kartu grafis DirectX 9 dengan WDDM 1.0 sopir
  • Harus memiliki layar 1024 × 600

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menginstal Windows 10 dengan flashdisk

  • Hal pertama yang Anda harus mempersiapkan adalah laptop dengan spesifikasi di atas. Pastikan laptop kita memenuhi persyaratan yang tercantum di atas.
  • Bagi sebagian orang, data pada laptop sangat penting, bahkan lebih penting dari laptop itu sendiri, terutama jika kita adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan. Kami dapat membuat cadangan data penting di laptop kita ke penyimpanan eksternal seperti hardisk, flashdisk, dan lain-lain. Jika kita tidak memiliki penyimpanan eksternal, kita dapat menyimpan data penting kami dalam penyimpanan D: /, asalkan pada saat menginstal ulang OS, kita tidak memformat drive selain C: /.
  • Siapkan jendela file installer 10 dengan Format ISO atau .img. Namun, kita harus menyesuaikan file installer dengan arsitektur pc/laptop kita. Jika pc/laptop kita 32 bit, maka kita harus mempersiapkan Windows file installer 10 32 Bit dan jika 64 Bit laptop kita, kita harus menyiapkan jendela Windows file installer 10 64 Bit
  • Setelah menyiapkan file installer yang sesuai dengan arsitektur laptop, hal berikutnya yang harus kita siapkan adalah USB Bootable Windows 10 atau flash installer. Untuk membuat bootable USB flash drive Windows 10 atau installer, kita dapat menggunakan software atau hanya menggunakan CMD Rufus
    Sebelum memulai proses menginstal windows 10, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat flash bootable. Langkah mengubah kita menjadi flash flashdisk bootable adalah sebagai berikut:
    1. Siapkan file ISO Windows 10. Jika tidak, file dapat didownload melalui Penciptaan Alat Media atau melalui website Microsoft.Alangkah lebih baik jika kita men-download file ISO dari sumber yang disebutkan karena langsung dari Microsoft dan lebih aman.
    2. Satu hal yang sangat penting jika kitaingin menginstal windows 10 dengan lampu kilat berkedip sendiri Gunakan flash dengan kondisi masih baik dan dengan kapasitas setidaknya 8GB.
    3. Ambil Rufus. Rufus adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat flash bootable. Ada banyak aplikasi yang dapat mengubah kita ke flash flashdisk bootable. Namun, Rufus dipilih oleh pengguna sebagai salah satu yang terbaik aplikasi gratis
    4. Setelah men-download rufus, maka langkah selanjutnya adalah pasang tongkat ke port USB. Kemudian buka rufus aplikasi.5. Masukkan file ISO Windows 10 yang telah Anda download.
    6. Ikuti konfigurasi di bawah ini dan kemudian klik START7. Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, kita tinggal menunggu sampai proses selesai.
    7. Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, kita tinggal menunggu sampai proses selesai.8. Jika proses telah selesai dan semua langkah telah dilakukan dengan benar, maka flashdisk dapat digunakan untuk menginstal Windows 10 pada pc/laptop kita.

Setelah berubah menjadi flash flashdisk bootable kita, maka kita segera dapat memulai proses menginstal Windows 10 dengan flash melalui BIOS. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah untuk mengatur BIOS untuk boot dengan flashdisk. Langkah yang harus dilakukan pada tahap ini adalah:

1. Pastikan flash drive bootable terpasang port USB laptop, dan kemudian restart laptop.
2. Untuk memasuki BIOS, tekan DEL (Delete). Selain tombol Del, ada tombol lain yang dapat digunakan, yaitu F1, F2, atau F10, tergantung pada jenis laptop yang ada.
3. Setelah menampilkan layar BIOS, kemudian pindah ke tab “Boot” menggunakan tombol ◄ ►

4. Setelah memilih tab Boot, maka akan muncul menu Boot. boot pertama akan dilakukan pada hard drive.

5. Tempatkan “Removable Devices” ke atas dengan memilih Removable Devices dan bergeser dengan tombol +/-, untuk boot pertama kali dilakukan di flashdisk. BIOS dapat mendeteksi segera flashdisk jenis / merek.

6. Jika langkah 5 telah dilakukan, maka kita Bisa langsung menyimpan pengaturan dengan memilih tab Exit dan pilih Exit Saving Changes dan pilih Yes. Atau jika Anda ingin lebih praktis, kita dapat langsung menekan tombol F10 dan pilih opsi Ya.

Setelah pengaturan di BIOS, layar akan menampilkan halaman instalasi dan kita bisa langsung melakukan proses menginstal Windows 10. Itu berarti kita bisa langsung melanjutkan ke tahap berikutnya. Berikutnya langkah yang harus kita lakukan adalah:

1.Jika kita dihadapkan dengan pandangan ini, maka kita dapat menekan sembarang tombol untuk memulai proses instalasi.

2.Dalam Waktu dan format mata uang, perubahan Indonesia (Indonesia) dan membiarkan lain (default).

3.Klik tombol Install Now

4.Klik kotak kecil yang mengatakan saya menerima persyaratan lisensi. Dengan ini, kami memiliki peraturan yang disetujui. Klik tombol next untuk melanjutkan proses instalasi.

5.Selanjutnya kita harus memilih salah satu dari dua metode untuk menginstal. Memilih Custom untuk melakukan instalasi yang bersih. Jika Anda ingin memperbarui Windows 10 yang ada tanpa menghapus data data yang windowsnya dan pengaturan, silahkan pilih Upgrade.

Jika tahap di atas bank-bank telah berlalu, maka kita akan melanjutkan ke tahap berikutnya, tahap partisi. Pada tahap ini kita harus berhati-hati untuk menghindari hilangnya data dalam PC / laptop kita. Berikut langkah-langkah yang perlu kita ambil pada tahap ini:
1. Jika kita pernah menginstal windows 7 atau Windows 8.1, maka tentunya tidak ada partisi di divisi hard drive (Unalocated Space). Oleh karena itu, kita harus membuat partisi baru dengan klik New. Jika kita ingin menginstall ulang, maka kita harus menghapus partisi dari jendela sebelum dengan mengklik pada partisi jendela tua dan klik Delete. Hati-hati jangan keliru menghapus partisi untuk menghindari kehilangan data. Setelah itu, membuat partisi baru dengan mengklik New. Klik pada partisi baru dan klik next.
2. Setelah membuat partisi, maka kita hanya menunggu proses untuk menginstal Windows 10 untuk menyelesaikan. Gratis PC / Laptop yang kita miliki mempengaruhi waktu instalasi. PC / Laptop kita akan lapangan restart beberapa kali dan akan muncul kembali kalimat Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau USBDO NOT PRESS ANY! Jika tidak, maka proses akan diulang lagi dari awal.

3. Butuh beberapa waktu untuk memulai proses konfigurasi Windows 10 setelah instalasi selesai.

4. Layar akan menampilkan proses konfigurasi jendela 10. Masukkan username dan password yang akan digunakan untuk masuk jendela 10. Pada kolom password bisa kosong kiri jika kita tidak ingin mengatur sandi. Selain itu, kami harus mengisi password hint dalam kasus jika kita lupa password. Kemudian klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

5. Layar akan menampilkan “Meet Cortana“. Jika kita ingin mengaktifkan Cortana, maka kita harus klik Gunakan Cortana. Jika tidak, klik Tidak Sekarang. Setelah itu, kita tunggu saja sampai akhir proses setup selesai dan tidak mematikan pc / laptop ke lengkap.

6. Silakan login Windows 10 dengan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.
7. Windows 10 siap untuk digunakan pada PC / Laptop kita.

Setelah selesai proses instalasi Windows 10, kita perlu untuk menginstal driver untuk pc / laptop kita dapat digunakan dengan normal. Juga jangan lupa untuk mneginstall aplikasi yang mendukung pekerjaan kita, seperti Ms office, IDM, PDF Reader, dan lain-lain sesuai dengan apa yang kita butuhkan.`
Beberapa tutorial cara menginstal Windows 10 menggunakan flashdisk dengan benar.Dengan sendiri menginstal Windows 10 pada PC / Laptop, ratusan ribu yang digunakan untuk menginstal Windows 10 di tempat pelayanan dapat kita keuntungan tabung tujuan lain. Mudah-mudahan pembaca dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Semoga berhasil!

About the Author

Leave a Reply